selamat datang di website nagari Tapi Selo

Artikel

Pengumuman BUMNag Tapi Selo

04 Juni 2021 21:32:20    67 Kali Dibaca  Berita Desa

Tanah Datar. Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag)  di kabupaten Tanah Datar perlu dikembangkan terutama di sektor kuliner dan usaha lainnya yang berpotensi untuk mensejahterahkan masyarakat nagari, untuk itu di masing-masing nagari harus memilki BUMNag, hal tersebut disampaikan Bupati Irdinansyah Tarmizi pada acara pembukaaan Sosialisasi Peraturan Bupati Tanah Datar Nomor 5 Tahun 2016 tentang BUMNag di aula Kantor Bupati Pagaruyung Rabu (9/11).

Hadir pada acara tersebut Ketua Komisi III DPRD Tanah Datar Istiqlal, Kepala Badan Taskin PMPKB Tanah Datar Hernita, Kepala SKPD, Camat, Walinagari Se-Tanah Datar.

Menurut Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa/Nagari diberi kewenangan penuh untuk kemandirian terutama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat yang didukung dan diringi dana yang langsung dari pemerintah pusat. Menindaklanjuti hal tersebut pemerintah Tanah Datar  menetapkan Peraturan Bupati Tanah Datar nomor 5 Tahun 2016 tentang BUMNag perihal Pedoman pendirian, pengurusan, pengelolaan dan Pembubaran BUMNag.

Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya mengatakan dari 75 nagari yang ada di Tanah Datar pada tahun 2017 nantinya diharapkan memilki BUMNag, untuk  pendanaan  dihimbau kepada masing-masing nagari untuk menganggarkan dalam penyusunan RKP dan APB Nagari tahun 2017, bupati ingatkan.  

“Terlepas da penganggaran melalui APBD Tanah Datar, Walinagari juga dapat mendirikan BUMNag melalui bantuan pihak ketiga di antaranya dari koperasi-koperasi nagari ataupun dari perantau”, harap Bupati Irdinansyah.

Bupati juga ungkapkan pada saat ini nagari yang aktif dan sudah memilki BUMNag di antaranya Pagaruyung Jaya Nagari Pagaruyung, Tabek Makmur Nagari Tabek Patah, Baringin Saiyo Nagari Baringin, Pandang Budi Nagari Batu Bulek dan Rangkiang Maimbau Nagari Sungayang yang telah memanfaatkan potensi usaha yang cocok di nagari setempat, kata Bupati.

Melalui sosialisasi Bupati berharap kepada peserta hendaknya dapat mengikuti dengan baik, di mana nantinya sudah berdiri BUMNag di nagari masing-masing akan di minta pertanggungjawaban di antaranya dokumen administrasi, pengelolaan yang nantinya harus transparan, akuntabel dan diharapkan setiap nagari tahun depan sudah memilki Website nagari untuk mempromosikan produk dari usaha sesuai potensi masing-masing nagari, pungkas Bupati Irdinansyah.

Sementara itu Kepala Badan Taskin PMPKB Hernita mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan bertujuan untuk mendorong terwujudnya BUMNag di kabupaten Tanah Datar dengan peserta 150 orang terdiri  dari Walinagari, tenaga pendamping lokan desa UPT Badan Taskin se -Tanah Datar, dengan narasumber Ketua  Pembina BUMDes Rohul  Hamzah yang telah berprestasi di tingkat nasional, pemerintah daerah pada intinya ikut mendorong percepatan pendirian BUMNag dan kesiapan untuk pengelolaan usaha tersebut, ungkap Hernita. (humas/eri)

https://tanahdatar.go.id/berita/1872/bupati-irdinansyah-2017-nagari-wajib-miliki-bumnag.html

Untuk itu Nagari Tapi Selo Mengumumkan Pendaftaran Calon Anggota Pengurus BUMNag Tapi Selo

 

Aparatur Nagari

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Komplek Masjid Raya Nurul Amal Tapi Selo LBU 27293 Telp. 0752 2701526
Nagari : Tapi Selo
Kecamatan : Lintau Buo Utara
Kabupaten : Tanah Datar
Kodepos : 27293
Telepon : 07522701526
Email : tapiselo2020@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:56
    Kemarin:28
    Total Pengunjung:16.356
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.49.228
    Browser:Tidak ditemukan